Minggu, 18 Desember 2011

PTIunisbank-pertemuan5

5     Perkembangan TI (bagian 2)






Overview
Teknologi Informasi saat ini mayoritas menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, dan memanfaatkan sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir kehidupan yang dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Namun yang paling luar biasa dari perkembangan teknologi saat ini adalah kemampuan teknologi informasi yang mampu merambah segala bidang kehidupan bahkan mampu menggantikan peran manusia bahkan terkadang melebihi kemampuan manusia.


Tujuan

1.     Mahasiswa mampu mengetahui perkembangan teknologi informasi masa kini dan prospek masa depan dan mampu memanfaatkannya dalam berbagai bidang.
2.     Mahasiswa mampu mengetahui jenis dan cara kerja perangkat input output dan metodenya
3.     Mahasiswa mampu mengetahui dampak perkembangan teknologi informasi

1.1      Penyampaian Informasi

Semua organisasi membutuhkan aliran informasi yang membantu manajer untuk mengambil bermacam keputusan yang dibutuhkan. Sistem informasi berperan dalam proses pengambilan keputusan operasional harian sampai perencanaan jangka panjang. Sebelum komputer ada, sistem informasi sudah menjadi kebutuhan organisasi. Ini berarti sistem informasi tidak selamanya berbasis komputer. Namun dengan berkembangnya fungsi komputer, sistem informasi saat ini umumnya didukung penuh oleh komputer. Teknologi penyampaian informasi berkembang pesat sejak berkembangnya jaringan komputer. Dengan jaringan komputer, setiap pekerjaan diharapkan dapat selesai dengan cepat. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Salah satu jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.
Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dibangun dengan kabel dari serat optik (fiber Optics) atau bahkan komunikasi tanpa kabel (nirkabel).

1.1.1       Kabel

Kabel merupakan komponen penting dalam jaringan. Kabellah yang membuat data bisa mengalir di jaringan. Pada prinsipnya jangan sampai memilih kabel berkualitas jelek, walaupun harganya murah. Ada beberapa alasan untuk hal ini, di antaranya adalah:
·      Investasi untuk kabel biasanya hanya dilakukan sekali pada saat awal instalasi jaringan.
·      Kabel jaringan cenderung disembunyikan di balik dinding atau di bawah lantai. Jika menggunakan kabel bermutu rendah dan suatu saat ditemukan ada masalah pada kabel, maka usaha untuk membongkar dan memasang kembali kabel akan jauh lebih mahal dibandingkan harga yang dibayar untuk mendapatkan kabel kualitas bagus yang tak merepotkan.
Dari sisi kabel, ada beberapa tipe kabel yang digunakan banyak orang, yaitu:
·      UTP (unshielded twisted pair),
·      coaxial,
·      fiber optik.
Saat ini Jenis kabel yang banyak dipilih orang terutama untuk jaringan kecil adalah UTP. Beberapa perusahaan yang cukup kaya memang cenderung memilih kabel fiber optik, karena dukungan untuk pengembangan ke depan yang lebih bagus. Ada pula beberapa pengguna yang hanya menggunakan kabel fiber optik untuk backbone dan menggunakan UTP pada segmen-segmen jaringannya. Dari sisi pemasangan, UTP dapat dikatakan paling tak merepotkan, Anda bisa memasangnya sendiri dengan hanya sedikit pengalaman.


1.1.2       Nirkabel

Jaringan yang menggunakan kabel melakukan transmisi data dari computer satu ke yang lainnya melewati kabel-kabel. Sedangkan pada jaringan nirkabel transmisi data menggunakan gelombang radio. Jaringan nirkabel atau wireless mengirim dan menerima data melalui jalur udara sehingga meminimalkan kabel sebagai penghubung. Seperti computer Notebook dan PDA (Personal Data Assistant) merupakan computer yang dapat digunakan dengan jaringan tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jaringan kabel yaitu :
  • Jaringan nirkabel menyediakan pengakses secara realtime kepada pengguna LAN selama batas aksesnya.
  • Proses installasi jaringan ini cepat dan mudah tidak membutuhkan kabel.
  • Jaringan nirkabel sangat fleksibel terhadap tempat.
  • Konfigurasi jaringan dapat diubah menjadi peer to peer untuk pengguna yang lebih sedikit.
Disamping keuntungan jaringan nirkabel ada kekurangannya yaitu:
  • Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jauh lebih rendah dibanding dengan jaringan kabel.
  • Biaya yang cukup mahal.
  • Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lainnya.
  • Kapasitas jaringannya memiliki keterbatasan, yang disebabkan spectrum-nya tidak besar (pita frekuensi tidak dapat diperbesar).
  • Keamanan dan kerahasiaan data kurang terjamin.
Sistem komunikasi dengan jaringan nirkabel terbagi menjadi sistem microwave, sistem laser infra red, dan sistem kabel. Kedua sistem pertama ini mengharuskan pengirim dan penerima berada pada satu garis dan sangat rentan terhadap kondisi alam yang berubah-ubah. Sistem kabel digunakan untuk komunikasi melalui alat-alat dengan jaringan tanpa kabel. Keberadaan handphone dan telepon pada mobil memudahkan transmisi informasi untuk daerah yang tidak terjangkau dan dapat proses penyampaian pesan dapat terjadi di mana saja. kecanggihan telekomunikasi dengan teknologi nirkabel juga memungkinkan adanya jaringan LAN dan kantor-kantor maya yang berbasis dengan penggunaan internet untuk mengakses informasi antara klien dengan perusahaan serta menciptakan kondisi fleksibel tanpa menggunakan berbagai jenis kabel dalam penggunaannya.

1.2      Interaksi dengan Komputer

1.2.1       Macam-macam Input-Output Device

Perkembangan teknologi informasi khususnya perangkat keras komputer berjalan begitu cepat sehingga ide awal kemunculan perangkat input dan output yang terpisah fungsinya, saat ini menjadi kabur. Sebuah perangkat memiliki fungsi ganda sebagai input dan output seperti Voice Recognizer yang membuat komputer mengerti perintah suara manusia, microphone menangkap suara input, lalu software membandingkan dengan data yang ada di sistemnya. Dan dalam perkembangan berikutnya Teknologi tidak lagi memasukkan perintah lewat mouse atau keyboard, pemanggilan dial di HP dengan suara.
·         Input Device
Alat input dibedakan menjadi dua, yaitu
-         Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse dll.
-         Alat input tidak langsung, yaitu melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya: keypunch yang dilakukan melalui media puched card (kartu plong), key to tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetik disk (seperti disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.
Beberapa input device yang telah berkembang terdiri atas peranti pengetikan, peranti penunjuk dan scanner. Peranti pengetikan dipergunakan untuk memasukkan data ataupun perintah dan yang paling umum digunakan dalam sistem komputer adalah keyboard, ATM (Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang  dan POS (Point-of-Sale) digunakan pada supermarket atau pusat perbelanjaan.
1.  Keyboard,  merupakan peranti masukan data yang dapat mengubah huruf, angka ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer. Secara garis besar sistem keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol seperti tombol huruf, tombol angka, tombol fungsi (pada keyboard terdiri atas sederetan tombol F1, F2 sampai F12 yang biasanya terletak di bagian paling atas)
2. ATM (Automated Teller Machine), atau yang biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Peranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang. ATM bekerja sebagai peranti input-output sekaligus. Sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomer PIN, angka uang dan hal-hal lain yang tersedia pada menu.
Gambar 5. 1 Mesin ATM
3.  POS (Point-of-Sale)
POS atau Point-of-Sale merupakan peranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.
Gambar 5. 2 mesin POS

Peranti penunjuk (Pointing Device) digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor.Peranti penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar. Memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah daripada harus mengingat perintah yang diketikkan lewat keyboard, berikut beberapa peranti penunjuk
·      Mouse, merupakan peranti penunjuk yang paling banyak digunakan.
Mouse digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor.Peranti ini dikenalkan pertama kali oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai.
·      Trackball, memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse.
Sedangkan penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki.
Trackball banyak diterapkan pada laptop karena dapat menghemat tempat.
·      Pointing Stick, atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada laptop untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah yang dikehendaki.Sebagian besar pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan. Ketika menekannya dengan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat.
·      Touchpad, peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan diatasnya.
Untuk melakukan “klik” pada touchpad biasanya ada tombol yang terletak didekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut.
Touchpad banyak digunakan pada komputer laptop.
·      Touch Screen,  atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka. Memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Hasil keluaran dari pilihan yang dilakukan akan dimunculkan kembali pada touchscreen.
·      Joystick, biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game).
Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse.
·      Peranti Penunjuk Berbentuk Pena, Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan seseorang memilih, memasukkan perintah. Bisa juga menerima masukan berupa tulisan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan.
·      Light Pen, merupakan penunjuk yang berupa seperti pena dan menghasilkan cahaya. Digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektric). Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar dimana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.
·      Digitizing Tablet, Digitizing tablet merupakan salah satu peranti digitizer, yaitu peranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital. Peranti ini berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi komputer.
·       
Gambar 5. 3 Digitizing Tablet
10.Glove, Headset dan Walker
Glove (berupa sarung tangan) dapat menangkap gerakan-gerakan tangan dan jari, termasuk kecekatan dan kekuatan gerakan. Headset adalah peralatan yang dipasang pada kepala untuk memantau gerakan kepala sedangkan Walker dipasang pada kaki yang bertugas unuk memonitor gerakan kaki.
Gambar 5. 4 Glove
·      B. Output Device
Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk (huruf, kata, angka, grafik, Gambar, suara).
-      Peralatan output dapat berupa Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas dan film.
-      Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
-      Drive-device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.
Berikut beberapa macam output device yang berkembang:

·         Monitor
Monitor merupakan peranti yang termasuk ke dalam peranti softcopy karena keluarannya berupa signal elektronik, seperti gambar yang tampil di layar monitor Berdasarkan teknologi pembuatannya, monitor terbagi menjadi 2:
-         CRT (Cathode Ray Tube)
-         Layar datar (flat panel display)
·         Printer
Termasuk jenis hard-copy device, Printer adalah peranti yang biasa digunakan untuk membuat cetakan pada kertas. Berdasarkan teknologi percetakannya, peranti printer biasanya dikelompokkan menjadi:
-         Impact, Printer jenis ini sering disebut hammer, karena percetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta
-         Thermal, Printer thermal adalah pilihan terbaik bagi keluaran yang merupakan cetakan berwarna berkualitas tertinggi. Untuk menghasilkan cetakan berwarna, printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin, tetapi tidak untuk cetakan hitam putih
-         Ink-jet, Printer Ink-jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan. Dapat digunakan untuk cetakan berwarna dan hitam putih.
-         Laser, Merupakan jenis printer yang relatif mahal
Dapat memberikan cetakan yang terbagus. Printer yang dirancang untuk mainframe memiliki kecepatan sekitar 229 halaman per menit
-         Multifunction, Printer Multifungsi adalah Jenis printer yang memiliki berbagai fungsi lainnya, misalnya memiliki kemampuan sebagai mesin fotocopy, scanner dan kadang-kadang sebagai mesin fax. Lebih menghemat biaya dan tempat namun kelemahannya, bila mesin ini rusak maka berbagai fungsi-fungsi tadi menjadi tak ada yang dapat bekerja.

Scanner merupakan alat elektronik yang fungsinya mirip mesin fotokopi. Namun Scanner berbeda, hasil fotokopi dapat langsung dilihat pada kertas, sedangkan hasil scanner dapat dilihat pada monitor komputer, dapat dimodifikasi dan di simpan. Berikut beberapa bentuk scanner :








-      Scanner (variant) Pengenal Tulisan Secara Optis
Gambar 5. 5 salah satu model Scanner
-      Barcode Reader Optical Character Reader OMS (Optical Mark Recogniton), Barcode Reader merupakan Peranti yang berfungsi untuk membaca data dalam bar code. Mempercepat pemasukan data terutama pada transaksi pada volume yang lebih besar. barcode adalah deretan garis tegak dengan ketebalan yang bermacam-macam Biasa dijumpai pada produk-produk di pasar swalayan dan buku-buku cetakan.
-      Optical Character Reader, Berupa scanner yang dapat mengenali teks yang terdapat pada dokumen-dokumen dan mengkonversinya menjadi bentuk teks yang dikenali oleh komputer tanpa perlu mengetik ulang
-      OMR (Optical Mark Recogniton) Peralatan yang memungkinkan data dalam bentuk bulatan-bulatan yang diarsir dengan pensil 2B Menggunakan kertas khusus dan diterjemahkan menjadi data yang dikenali computer
-      Pengenal tulisan tangan (handwriting recognizer), merupakan peranti untuk mengenali tanda tangan seseorang, Penangkap Suara dan Pengenal Suara. Alat yang digunakan disebut mikropon Untuk menangkap suara dan memanipulasinya dapat merekam berbagai jenis suara, seperti suara orang, gemericik air ataupun dering bel . Suara seseorang juga dapat dikenali melalui peralatan yang disebut pengenal suara (voice recognizer). Dengan voice recognizer, suara dapat diubah ke dalam teks.
Dimungkinkan untuk membuat dokumen tanpa melalui pengetikan, melainkan melalui suara. Pemakai cukup berbicara dan peralatan ini akan mengubahnya ke dalam bentuk tulisan.
-      Magnetic Ink Character Reader
MICR adalah peranti yang berfungsi untuk membaca informasi yang dicetak pada cek yang dibuat dengan tinta magnetic. Informasi ini berupa identitas bank dan nomor rekening, nomor cek dan jumlah uang.
Umumnya digunakan pada bank-bank di Amerika Serikat .



-      Pembaca Kartu Magnetik(Magnetic Card Reader)
Kartu Magnetik berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik. Pada pita magnetik inilah data tertentu dapat diletakkan.
Data dapat berupa NIP, identitas bank, nomor rekening nasabah dan lain-lain. Data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer ketika menggunakan Pembaca Kartu Magnetik.
-      Pembaca Kartu Cerdas (Smart Card Reader)
Si kartu cerdas adalah sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor, RAM dan OS dengan keamanan yang sangat tinggi. Di Indonesia, kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telpon prabayar Untuk membaca isi kartu cerdas diperlukan alat yang disebut pembaca kartu cerdas.
-      Pembaca Sidik Jari (Fingerprint reader)
digunakan untuk membaca sidik jari seseorang. Hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang. Dapat digunakan sebagi absensi pegawai dan untuk memasuki tempat-tempat rahasia sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.
Gambar 1 peranti sidik jari
-      Pembaca Retina Mata
Membaca retina mata seseorang. Menghasilkan suatu identitas retina mata

-      Sensor
Peranti yang dapat menghimpun data dari lingkungan  Dikirim ke sistem computer Contoh: Sensor yang digunakan pada mobil General Motors yang telah dilengkapi dengan komputer dan layar menyajikan peta daerah sekeliling dan rute untuk pengemudi Melakukan pengukuran suhu suatu lokasi

Selain alat-alat di atas yang berfungsi sebagai output terdapat device yang berfungsi sebagai input sekaligus output seperti:



-      RFID (dalam bahasa Inggris: Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Pilihannya kian beragam, mulai dari sidik jari, pola wajah, pola suara hingga lapisan iris dari mata. Pemakaiannya sudah meluas ke berbagai hal, khususnya wilayah-wilayah yang sangat sensitif terhadap faktor keamanan. Bahkan, kini sudah mulai dicoba penerapan biometrik dengan cara memasukkan peranti chip elektronika berukuran mikro ke dalam tubuh sebagai pengenal identitas pribadi.
-      Digital Signature
Tanda tangan digital adalah pengganti tanda tangan secara manual yang bersifat elektronik dan mempunyai fungsi sama dengan tanda tangan manual. Tanda tangan digital bukan merupakan gambar digital dari tanda tangan yang dibuat oleh tangan atau tanda tangan yang diketik. Tanda tangan digital mempunyai sifat yang unik untuk masing-masing dokumen itu sendiri dan beberapa perubahan pada dokumen akan menghasilkan tanda tangan digital yang berbeda..
-      Kamera Digital
Merupakan kamera yang digunakan untuk mengambil obyek gambar yang diam dan merekamnya. Kamera ini tidak menggunakan roll film seperti layaknya kamera yang dikenal selama ini, melainkan setelah difoto obyeknya langsung dimasukkan ke dalam komputer dan dapat dicetak printer maupun dalam bentuk film.

1.2.2       Natural Language

Tujuan dari bahasa adalah presisi, kekompakan, kemudahan dalam penulisan dan pembacaan, mudah dipelajari, sederhana, mengurangi kesalahan dan mudah diingat. Kendala bahasa pada umumnya adalah
·      Kapasitas manusia mengingat notasi.
·      Kecocokan antara ingatan dan media penampil.
·      Kemudahan berbicara (mengucapkan).
Demikian halnya dengan bahasa computer, Bahasa komputer yang efektif harus tidak hanya merepresentasikan tugas pemakai dan memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi, tetapi juga harus selaras dengan mekanisme perekaman, manipulasi, dan penampilannya di komputer.
Berikut ini Bahasa pemrograman yang telah berkembang:
·      Pemakaian noninteraktif: Fortran, COBOL, ALGOL, PL/I, Pascal.
·      Inkremental: BASIC, LISP, APL, PROLOG.
·      Kompilasi dan eksekusi cepat: C.
·      Pemrograman tim, sharing, reusability: ADA, C++.
·      Jaringan, cross-platform: Java.
·      Scripting World Wide Web: PHP, JavaScript, VBScript.
Secara konsep, pemrograman bisa dikaitkan (dianalogikan) dengan disiplin dengan bahasa alami. Konsep-konsep bahasa pemrograman dalam beberapa hal mirip dengan konsep-konsep bahasa Alami. Yang dimaksud bahasa-alami (natural Language) adalah bahasa yang diucapkan sehari-hari antar manusia, yang tidak perlu melibatkan komputer; seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan sebagainya. Berbekal pemahaman ini kita lihat hal berikut.
·      Suatu kalimat dalam bahasa alami beranalogi dengan sebuah pernyataan (statement) di bahasa pemrograman.
·      Suatu kalimat di bahasa alami diakhiri dengan tanda baca. Sebuah statement di bahasa pemrograman juga diakhiri dengan tanda baca.
Tabulasi dibawah ini memperlihatkan kemiripan bahasa pemrograman dengan bahasa alami. Tabulasi berisi entri-entri yang dimulai dengan satuan yang lebih besar ke satuan yang lebih kecil. Kita mempelajari implementasi konsep-konsep pemrograman urutan yang hampir sama.
Tabel 5. 1 Analogi bahasa alami dengan bahasa pemrograman
Bahasa Alami
Bahasa Pemrograman
Sebuah paragraf terdiri atas satu atau lebih kalimat.
Sebuah blok terdiri atas satu atau lebih statement.
Sebuah kalimat diakhiri oleh tanda baca.
Sebuah statement diakhiri oleh tandabaca.
Sebuah kalimat bisa terdiri atas kata benda abstrak, kata kerja, kata keadaan dan kata benda nyata.
Sebuah statement bisa terdiri atas ipe, operasi, nilai, dan objek.
Dengan demikian bahasa alami dapat diimplementasikan dengan pengetahuan cukup oleh bahasa pemorograman.



1.2.3       Smell Processing

Kita ketahui bersama bahwa setiap manusia memiliki gen imunitas berbeda yang menghasilkan bau badan yang berbeda pula. Untuk mengidentifikasi bau badan dikembangkanlah suatu alat khusus, elektronik / tiruan hidung, disebut e-Noses yang dalam perkembangannya disebut smell processing. Ide utama dari e-Noses adalah berusaha untuk memahami proses dari pola indra penciuman manusia. Namun menurut beberapa ahli, yang menjadi masalah adalah mekanisme informasi pengolahan dari manusia secara keseluruhan masih belum diketahui karena akibat adanya kekurangan pengetahuan mengenai sensor daya gerak otak. Dengan demikian dimungkinkan untuk membuat pola sistem pengenalan dari e-Noses dengan model algoritma apapun dapat dipergunakan, Paling tidak saat ini terdapat dua kelompok penelitian (Anjing Elektronik Mastiff produksi perusahaan dari inggris dan  Proyek Penelitian Lanjut departemen pertahanan pentagon USA). Sementara di Indonesia pun telah dikembangkan alat yang diciptakan oleh Dr. Muhammad Rivai ST, MT (dosen ahli Institut teknologi Sepuluh November Surabaya), alat ini mampu menggantikan fungsi indra penciuman manusia. Terutama dalam mengenali, mengidentifikasi, dan menganalisa aroma tertentu dengan memanfaatkan pola-pola algoritma neural network, diharapkan perkembangan temuan ini bisa jadi merupakan salah satu inovasi penting dalam dunia industri dan kedokteran.
Gambar 5. 6 Unit smell processing yang dikembangkan

Gambar 5. 7 anjing elektronik




Rangkuman
 



1.   Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Salah satu jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.
Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dibangun dengan kabel dari serat optik (fiber Optics) atau bahkan komunikasi tanpa kabel (nirkabel).
2.     Perkembangan teknologi informasi khususnya perangkat keras komputer berjalan begitu cepat sehingga ide awal kemunculan perangkat input dan output yang terpisah fungsinya, saat ini menjadi kabur. Sebuah perangkat memiliki fungsi ganda sebagai input dan output seperti Voice Recognizer yang membuat komputer mengerti perintah suara manusia, microphone menangkap suara input, lalu software membandingkan dengan data yang ada di sistemnya.
3.     Bahasa komputer yang efektif harus tidak hanya merepresentasikan tugas pemakai dan memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi, tetapi juga harus selaras dengan mekanisme perekaman, manipulasi, dan penampilannya di komputer. Dengan demikian bahasa komputer harus mampu menerjemahkan bahasa alami yang biasa dipakai dalam kehidupan manusia



Kuis Benar Salah
 



1.     Berikut ini adalah beberapa tipe kabel yang digunakan banyak orang, yaitu:
·         UTP (unshielded twisted pair),
·         coaxial,
·         wireless optik.
2.      Digital Signature adalah pengganti tanda tangan secara manual yang bersifat elektronik dan mempunyai fungsi sama dengan tanda tangan manual dan berbentuk sebagaimana tanda tangan manual pada umumnya
3.      POS atau Point-of-Sale merupakan peranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian




Pilihan Ganda
 




Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!


 1.

Di bawah ini adalah output device kecuali  _____________


A.
Scanner
D.
OMR


B.
Printer
E.
OCR


C.
Digitizing Tablet








2.

Bahasa pemrograman berikut merupakan bahasa computer yang non interaktif, kecuali  _____________


A.
Fortran
D.
ALGOL


B.
COBOL
E.
JAVA


C.
Pascal








Latihan



1.     Sebutkan input dan output device yang anda ketahui?
2.     Jelaskan yang dimaksud dengan natural language!
3.     Apa pendapatmu mengenai perkembangan teknologi smell processing!



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar