Minggu, 18 Desember 2011

PTIunisbank-pertemuan4

4     Perkembangan TI (bagian1)












Overview
 

           Dengan adanya perkembangan teknologi maka arus informasi dapat berjalan dengan sangat cepat, hal ini berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Peningkatan arus informasi ini diawali dengan adanya perkembangan teknologi computer baik dilihat dari sisi hardware maupun dari sisi software. Dan dengan didukung dengan adanya teknologi jaringan computer maka komunikasi data dapat berjalan lebih efektif dan efisien.


Tujuan
1.     Mahasiswa memahami pengertian client dan server
2.     Mahasiswa memahami aplikasi supercomputer
3.     Mahasiswa mengenal jaringan sebuah computer beserta kelebihan dan kekurangannya

1.1      Mainframe(konsep mainframe program & data ada dalam satu computer induk yang lainnya diclient)

Perkembangan teknologi telah memicu adanya perkembangan jaringan computer yang akan memudahkan dalam pengolahan data, sehingga sharing data ataupun device sebuah komputer menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan adanya kemampuan komputer yang berbeda bisa membuat suatu system kerja yang berbeda pula, dimana komputer yang memiliki kemampuan processor yang lebih besar didalam suatu jaringan dapat berfungsi sebagai server yang lebih berfungsi sebagai pengontrol suatu jaringan dan menyediakan beberapa aplikasi yang diinginkan oleh suatu client, sedangkan sebuah client yang terlibat dalam suatu jaringan komputer dapat mengakses data ataupun informasi yang dimiliki oleh server. Dengan demikian maka kinerja suatu system akan lebih baik lagi.

1.2      Superkomputer

Dengan adanya perkembangan teknologi yang berlangsung sangat cepat maka penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting dan jika dilihat dari ukurannya, computer digolongkan kedalam micro computer, mini computer, small computer, medium computer, large computer dan super computer.
            Dengan adanya perbedaan dalam ukurannya, maka kemampuan dalam mengolah datapun berbeda yang ditentukan oleh beberapa hal dibawah ini :
·      Kapasitas main memory yang dinyatakan dalam satuan byte
·      Konfigurasi dari operand register
Beberapa computer memiliki konfigurasi operand register yang berbeda, computer yang memiliki konfigurasi operand register 8 bit disebut dengan computer 8 bit, sedang yang memiliki ukuran 16 bit disebut computer 16 bit, dan begitupun untuk ukuran yang lainnya.
·      Kecepatan mengolahnya
Untuk beberapa tahun yang lalu large computer memiliki kemampuan mengolah sampai microsecond (jutaan instruksi perdetik), tetapi untuk computer generasi keempat dengan digunakannya komponen VLSI computer mikro dapat mengolah dengan kecepatan nanosecond ( milyard operasi perdetik) sampai picoseconds ( triliun operasi perdetik)
·      Jumlah dan macam alat –alat input maupun outputnya
·      Ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan.




Sedangkan supercomputer merupakan sebuah komputer yang memiliki kapasitas proses terbesar didunia terutama untuk kecepatan penghitunganya. Dimana kecepatannya tersebut dinyatakan dalam TFlops ( Tera flops = 1012 flops). Flops merupakan kepanjangan dari floating-points Operations per second atau satuan yang menunjukkan berapa perhitungan floating point yang dapat dilakukan tiap satu second.
Superkomputer disebut juga dengan nama parallel processor, karena supercomputer adalah computer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang  secara parallel.
Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, yang didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.
Dengan keunggulan kecepatannya dan dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga perhitungan detail yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi. Dan dengan kemampuan yang dimilikinya maka supercomputer banyak digunakan dalam penelitian-penelitian ilmiah, seperti untuk prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.
            Untuk saat ini Earth Simulator merupakan supercomputer tercepat sejak Juni 2002 yang diproduksi oleh NEC dan berlokasi di Yokohama Jepang. Earth Simulator ini memiliki kemampuan Rmax 35.86 TFlops dan Rpeak 40.96 TFlops. Rpeak merupakan parameter lain yang menunjukkan angka teoritikal puncak performans.

Gambar 4.1 Simulator bumi

Earth Simulator mulai direncanakan pada Juli 2006, dan selesai dibuat pada akhir Februari 2002.
Superkomputer ini termasuk dalam jenis parallel vektor superkomputer, dan menggunakan semacam Unix Operating-Sistem (OS) yang disebut Super-Ox, yang merupakan OS khusus yang dirancang NEC untuk supercomputer berjenis SX. Kompailer untuk Bahasa C, C++, dan Pascal tersedia dengan dilengkapi kapasitas yang sangat besar untuk vektorisasi otomatis dan mikrotasking.
Earth Simulator ini memiliki 10 TB total memori utama, 12.3GB/s x 2 kecepatan transfer data antar node, dan memiliki 8 vektor prosessor dengan shared-memori serta 640 prosessor nodes yang terhubung dengan Single-stage Crossbar Network.
Dengan Earth Simulator ini Bumi dengan kondisi fisiknya dan atmosfer yang mengelilinginya ditampilkan secara maya pada sebuah komputer, dan simulasi untuk perubahan cuaca dan iklim baik yang muncul secara periodik ataupun yang sementara maupun yang abnormal, efek pemanasan bumi, perubahan lingkungan di Bumi, dan lain sebagainya bisa dianalisis dan digunakan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk kelestarian Bumi dan isinya. Selain itu, secara umum Earth Simulator ini juga dipakai untuk melakukan simulasi-simulasi di bidang Atmospheric dan Oseanic, Solid Earth, Computer Science, dan Epoch Making.



1.3      Workstation

Network merupakan jaringan dari sistem komputer yang melibatkan dua buah atau lebih komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi yang membentuk suatu system. Dengan network computer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lainnya, dapat mencetak laporan di komputer yang lain, dapat memberi berita ke computer yang lain walaupun berbeda area. Sehingga dengan adanya network maka system informasi dapat diintegrasikan dan arus informasi dapat berjalan tanpa terbatas ruang dan waktu.

Sebuah Network dibangun atas dua hal, yaitu node dan link. Node merupakan sebuah titik yang dapat menghasilkan output informasi atau juga menerima input dari sebuah network, sehingga node dapat berupa sebuah printer, komputer, modem atau multiplexer, sedangkan link merupakan jalur transmisi atau carrier untuk arus informasi diantara dua node. Beberapa media yang bisa digunakan diantaranya media kabel, microwave system, laser system atau bahkan bisa juga menggunakan satellite system. Dan jika dilihat dari jalur transmisinya sebuah network bisa dibangun oleh LAN (local area network), MAN(metro area network) ataupun WAN(wide area network). LAN merupakan network yag terbatas hanya dalam jarak / area setempat yang biasanya digunakan dalam satu perusahaan untuk menghubungkan departemen-departemen yang ada didalamnya. Sedangkan WAN merupakan jaringan dari sitem komunikasi data dimana kedudukan setiap node berjauhan atau tidak berada dalam satu gedung yang sama, sehingga WAN sering juga disebut dengan long distance network.

     
            Gambar 4.2  Internetworking (LAN,  MAN dan WAN)


Gambar 4.3 perbandingan Jaringan computer


Beberapa computer yang terhubung dalam suatu jaringan akan membentuk suatu topologi tertentu, dimana topologi ini bisa terlihat dari bagaimana suatu computer terhubung satu dengan yang lainnya atau bisa juga terlihat dari bagaimana konfigurasi kabel menyatukan semua peripheral yag tergabung dalam suatu jaringan. Dalam hal ini topologi suatu jaringan dapat berbentuk Ring, Mesh, Star, Bus dan Tree seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Gambar 4.4 Topologi jaringan
a. Ring Network
Bentuk ini merupakan gabungan bentuk loop network dan bus network, jika salah satu node tidak berfungsi maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data

Gambar 4.5 topologi star network
b. Mesh Network
Topologi ini bersifat self healing artinya jika ada topologi yang rusak maka node tersebut dapat mencari jalan lain sendiri, sehingga topologi ini tidak memerlukan biaya yang mahal untuk area yang luas
Gambar 4.6  Topologi Mesh Network
c. Star Network
Topologi ini memungkinkan setiap node dapat berhubungan dengan node yang lainnya melalui beberapa link, sehingga topologi ini dapat digunakan jika semua node dapat berhubungan satu dengan yang lainnya.
Gambar 4.7 Topologi Star Network

d.  Bus Network
Topologi ini terbentuk ketika beberapa node terhubung dalam jalur data (BUS), sehingga beberapa node dapat melakukan operasi yang berbeda.

 Gambar 4.8 Topologi Bus Network



e. Tree Network
Topologi ini berbentuk pohon yang bercabang yang terdiri dari central node yang dihubungkan dengan node yang lain secara berjenjang.
Central node ini biasanya berupa large computer atau host yang berfungsi untuk mengendalikan atau mengkoordinasikan setiap node yang berada pada titik percabangannya.
Gambar 4.9 Topologi Tree Network

1.4      Peran Network

Dengan adanya kebutuhan manusia akan arus informasi sangat besar hal ini telah menyebabkan sebuah jaringan komputer sangat berperan penting dalam hal komunikasi data. Sehingga jaringan komputer ini berperan penting dalam berbagai bidang kehidupan baik itu industri, dunia pendidikan, perbankan dan yang lainnya, hal ini dikarenakan jaringan komputer dapat memberikan sumber daya yang lebih efektif dan efisien.

Adapun keuntungan jaringan computer bagi kehidupan sehari-hari adalah :
a.   Transfer data dari setiap node bisa lebih cepat dan tepat
b.   Jarang terjadi kerusakan data
c.   Data yag ditransfer bisa diakses oleh banyak user
d.   Dapat melakukan pembicaraan/chatting dan video streaming.

1.5      Data Tersebar

Pada pertengahan tahun 1980-an telah terjadi 2 perembangan teknologi yang telah merubah kinerja computer secara umum dan signifikan, dengan adanya perkembangan microprocessor dan prinsip transfer data dari satu komputer ke computer yang lainnya melalui suatu jaringan telah menyebabkan perubahan dalam pengolahan data, dari yang awalnya system terpusat dimana dalam pengolahan tersebut hanya menggunakan resources satu computer menjadi system pengolahan data tersebar dimana pengolahan data dapat memanfaatkan beberapa computer beserta peripheral yang lainnya dalam satu system yang terintegrasi, hal ini menyebabkan adanya penggunaan kapasitas yang lebih besar dan pengolahan data yang lebih cepat jika menggunakan system data tersebar.
Adapun pengertian umum dari system data tersebar merupakan sekumpulan computer yang independen yang memperlihatkan kepada usernya bahwa system tersebut merupakan system  tunggal.
Adapun sifat dari system data tersebar adalah:
·         Informasi-informasi yang relevan tersebar
·         Proses memutuskan hanya berdasarkan informasi yang tersedia di computer local
·         Satu titik kegagalan harus dihindari
·         Tidak ada sumber waktu global
·         Tidak ada penggunaan memori bersama
Adapun karakteristik dari sitem tersebar adalah :
·         Resources sharing
·         Client server model
·         Object-based model
·         Concurancy
·         Oppeness
·         Transparency
·         Scalability
·         Fault tolerancy
·         Transparency
Berikut ini adalah beberapa contoh yang menggunakan system data tersebar
·         System kendali perusahaan
·         System perdagangan saham
·         System kendali ruang angkasa
Adapun beberapa keuntungan jika menggunakan system data tersebar diantaranya jika dilihat dari beberapa aspek system secara umum:


Aspek
Penjelasan
ekonomi
Dengan adanya data tersebar maka akan mengurangi biaya dalam transmisi data
kecepatan
Dengan adanya system data tersebar maka kecepatan akan semakin meningkat
Reliabilitas
jika salah satu system rusak hal ini tidak akan mengurangi kinerja keseluruhan sistem
Distribusi
Melibatkan beberapa aplikasi spatial pada beberapa mesin yang berbeda
Sedangkan jika dilihat dari personal computer (PC), keuntungan yang diperolehnya adalah :
Aspek
Penjelasan
Data sharing
Mengizinkan semua user untuk menggunakan database bersama
Device sharing
Mengizinkan semua user untuk menggunakan peripheral yang mahal harganya
Komunikasi
Memudahkan komunikasi antar user
Fleksibilitas
Penyebaran fungi kerja akan lebih efektif

1.6      Client -Server

Merupakan sebuah model komputerisasi dimana sebuah aplikasi client dijalankan di komputer desktop atau komputer pribadi yang mengakses informasi pada server atau host yang terletak di lain tempat. Bagian dari aplikasi yang dijalankan di client biasanya digunakan untuk mengoptimalkan interaksi dengan user, dimana server menyediakan proses tersentralisasi dan bekerja secara multiuser.
Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.



Rangkuman
 



1.      Perkembangan teknologi mendorong komunikasi data menjadi lebih cepat dan efisien.
2.     Client-server merupakan pemisahan fungsi kerja berdasarkan kapsitas yang dimiliki oleh sebuah komputer.
3.     Sebuah server memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan client.
4.     Berdasarkan ukurannya komputer dibedakan menjadi mikrokomputer, minikomputer, small komputer, medium komputer, large komputer dan superkomputer.
5.     Perbedaan ukuran sebuah komputer menyebabkan perbedaan dalam pengolahan data.
6.     Superkomputer merupakan komputer dengan kapasitas terbesar didunia yang memiliki keunggulan dalam kecepatan penghitungannya.
7.     Kecepatan superkomputer dinyatakan dalam TFlops
8.     Dengan kemampuan yang dimilikinya superkomputer banyak digunakan dalam penelitian ilmiah yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan pengolahan data yang sangat cepat.
9.     Earth Simulator merupakan supercomputer saat ini kemampuan Rmax 35.86 TFlops dan Rpeak 40.96.
10.   Sebuah network dibangun atas dua hal yaitu node dan link, dengan jalur transmisinya terdiri dari LAN, MAN dan WAN
11.   LAN merupakan jaringan dalam suatu gedung dengan kecepatan 0,2-100Mbit/s
12.   Sedangkan WAN merupakan jaringan komputer yang berada dalam area lokasi yang berbeda dengan kecepatan 20-500 kbps
13.   Berdasarkan konfigurasi kabel ataupun peripheral lainnya, topologi suatu jaringan dibedakan menjadi Ring, Mesh, Bus, Star dan Tree.
14.   Dengan adanya perkembangan mikroprocessor dan jaringan menyebabkan perubahan pengolahan data dari sistem terpusat menjadi sistem data tersebar
15.   Dengan adanya sistem data tersebar maka proses pengolahan data dapat lebih cepat, efektif dan efisien karena adanya resourches sharing.



Kuis Benar Salah
 



1.      Server adalah node yang berperan mengontrol suatu jaringan (B/S)
2.      Main memory dinyatakan dalam bit (B/S)
3.      Kecepatan supercomputer dinyatakan dalam GFlops (B/S)
4.      Earth Simulator diproduksi sejak juni 2001 oleh NEC (B/S)
5.      Salah satu contoh jaringan dengan LAN adalah jaringan computer yang berada di POLITEKNIK TELKOM dan IT TELKOM (B/S)





Pilihan Ganda
 



Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.     Kecepatan pengolahan data dengan satuan nanosecond artinya
a.     1000 operasi/detik
b.     10000 operasi/detik
c.     100000 operasi/detik
d.     1000000 operasi /detik
e.     1000000000 operasi /detik
2.     Tera flops sama dengan
a.     1010 flops                d. 1013 flops
b.     1011 flops                e. 1014 flops
c.     1012 flops
3.     Suatu jaringan komputer yang berada dalam suatu dua gedung yang terpisah tetapi dalam suatu kota yang sama, maka jaringannya termasuk ......
a.     LAN                       d. SAN
b.     MAN                      e. PAN
c.     WAN
4.     Suatu topoogi yang memungkinkan setiap node berhubungan dengan node yang lain adalalah ....
a.     Ring                        d. Tree
b.     Mesh                       e. Bus
c.     Star
5.     Salah satu keuntungan sistem tersebar jika dilihat secara umum, kecuali ....
a.     Ekonomi
b.     Kecepatan
c.     Reabilitas
d.     Distribusi
e.     Reabilitas









Latihan


1.     jelaskan perkembangan supercomputer saat ini
2.     Jelaskan keuntungan dan kekurangan dari setiap topologi jaringan
3.     Buatlah sebuah analisa jaringan computer yang ada pada asuatu organisasi tertentu dan jelaskan keuntungan serta kelebihannya.
4.     jelaskan yang dimaksud dengan :
·         Resources sharing
·         Object-based model
·         Concurancy
·         Oppeness
·         Transparency
5.     Sebutkan kerugian dari sitem data tersebar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar