Minggu, 18 Desember 2011

PTIunisbank-pertemuan2

 

2     KONSEP TEKNOLOGI-2











Overview

Di bab ini, mahasiswa mempelajari tentang tahapan process dalam pengolahan komputer yaitu central processing unit, motherboard dan processor. Bab ini menjelaskan juga apa yang dimaksud dengan output (dalam sistem komputer) dan apa saja yang termasuk alat output.   

 



Tujuan

Setelah mempelajari bab ini, maka mahasiswa akan mampu untuk:
1.     menjelaskan proses yang dilakukan dalam sistem komputer
2.     menjelaskan alat proses yaitu motherboard, CPU dan processor
3.     mendefinisikan empat jenis output
4.     mengidentifikasi jenis berbeda dalam alat tampilan

1.1      Proses

Dalam menjalankan fungsinya, komputer menerapkan siklus pengolahan data seperti pada gambar 2.1.


2.1 Gambar Siklus pengolahan data
Keterangan:                   
·         Origination, proses pengumpulan data/pencatatan data ke dokumen dasar.
·         Input, memasukkan data kedalam sistem komputer melalui alat input.
·         Processing, proses pengolahan data yang sudah di-input kedalam sistem komputer.
·         Output, mengeluarkan hasil proses dari pengolahan data berupa informasi.
·         Distribution, mendistribusikan hasil pengolahan data kepada yang membutuhkan informasi.
·         Storage, perekaman hasil ke simpanan luar, untuk digunakan sebagai input pada proses selanjutnya.

Alat - alat yang ada di dalam alat proses antara lain:
-       Mainboard/motherboard, alat ini berfungsi untuk menampung dan mengelola alat alat yang terhubung dalam rangkaian alat proses seperti prosesor, memory (RAM), harddrive, dan lain-lain. Merk dari mainboard/motherboard ini sangat banyak, antara lain intel, asus, gigabyte, pcchip, nexx, dan hp. Motherboard dikenal dengan istilah ‘Mobo’ yang merupakan papan sirkuit elektronik yang utama dalam sebuah komputer.  Motherboard dibuat dengan sistem PCB berlapis (5-7 layer) dimana terdapat 2 (dua) chipset utama yang dikenal dengan North Bridge dan South Bridge. Form factor (ukuran) motherboard yang paling dikenal yaitu Micro ATX dan ATX. Gambar 2.2 menunjukkan contoh  dari motherboard.

                     
Gambar 2.2 Motherboard

Contoh motherboard yang lain adalah Intel 915P, artinya yaitu Chipset Intel dengan seri 915P. Pembuat chipset yang paling populer yaitu Intel, VIA, SiS, nVidia. Chipset berfungsi untuk mengatur lalu lintas data yang terjadi pada mobo. Istilah ‘motherboard onboard’ digunakan untuk motherboard yang sudah memiliki kemampuan terintegrasi sound card + VGA adapter (+ LAN).

Mini ITX dan Nano ITX dikenal pada mobo yang berukuran sangat kecil 17cm x 17cm dan 12cm x 12cm, dengan prosesor yang menjadi satu dengan mobo. VIA dengan seri EPIA merupakan pembuat motherboard yang paling popular.

-       Prosesor, alat ini merupakan inti dari alat proses itu sendiri, yang alat yang digunakan untuk memproses data dari alat input, mengolah data, mengkodekan data, dan lain lain. Semakin tinggi tingkatan/kekuatan prosesor, maka komputer akan berjalan semakin cepat juga, karena dengan tingginya kemampuan prosesor, kecepatan dalam mengolah data juga bertambah cepat.

Gambar 2.3 Contoh processor

Ada 2 (dua) perusahaan populer yang memproduksi prosesor antara lain Intel dan AMD. CPU dikenal juga dengan prosessor, merupakan ‘otak’ dan ‘sistem syaraf’ dalam sebuah komputer. Siklus operasinya diukur dlm MHz, GHz sedangkan kecepatan penghitungan CPU diukur dalam MIPS dan GIPS. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU (Arithmetical Logic Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.  Struktur CPU dan struktur CU dapat dilihat pada gambar 2.4 dan 2.5.

Aksi CPU:
·      CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
·      CPU – I/O (input/output), perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
·      Pengolahan data, operasi aritmatika dan logika.
·      Kontrol, misalnya instruksi pengubahan eksekusi.


Gambar 2.4 Struktur CPU


Gambar 2.5 Struktur CU

-       RAM (Random Access Memory), alat ini digunakan untuk membantu prosesor dalam melakukan pekerjaan pengolahan data, selain itu, RAM juga bisa digunakan sebagai alat penyimpanan data yang bersifat sementara (tidak permanen). RAM merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

RAM pertama kali dikenal pada tahun 1960-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetik. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga random access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM.
Selain itu beberapa bagian dari space address RAM (memori utama) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

-       Expansion Card, card-card tambahan yang terpasang pada komputer dan memiliki berbagai fungsi, antara lain:
  • VGA (Virtual Graphic Adapter) card : alat yang digunakan  untuk melakukan konversi data, menghubungkan dan mengolah output yang berupa data ke monitor. Semakin tinggi kemampuan VGA, maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Merk-merk VGA card yang banyak beredar antara lain NVIDIA dan ATI.
  • Sound card : memproses output berupa suara (mengonversi data suara) dan musik yang kemudian diteruskan ke speaker.
  • NIC (network interface card) atau biasa dikenal dengan LAN card yang berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih agar dapat saling berkomunikasi/bertukar data.

Gambar 2.6 VGA card, sound card dan NIC

-       Hard Disk Drive, alat ini digunakan untuk menyimpan data secara permanen, tidak terlalu berpengaruh besaran kapasitas yang digunakan, tergantung kebutuhan saja.

-       Power Supply, alat ini digunakan untuk memberikan dan mengatur arus listrik yang akan digunakan pada rangkaian alat - alat proses.

Selain alat - alat di atas, di dalam alat proses juga terdapat alat-alat IO (Input/Output) seperti COM1, USB, dan lain-lain.

1.2      Apa yang Dimaksud dengan Output?


Keluaran (output) adalah data yang telah diproses ke dalam satu bentuk lain yang berguna yang disebut “informasi”. Dalam hal ini, yang memroses data menjadi informasi adalah komputer yang dapat menghasilkan beberapa jenis dari keluaran, tergantung kepada perangkat keras dan perangkat lunak dipergunakan dan kebutuhan dari penggunanya.

Terdapat empat jenis umum dari output yaitu teks, grafis, audio, dan video.
·         Teks terdiri dari karakter yang biasanya menciptakan perkataan, kalimat, dan alinea. Satu karakter adalah satu huruf, angka, tanda baca, atau lambang lain membutuhkan 1 byte dari penggunaan memori komputer.
·         Grafik adalah penyajian digital dari keterangan nontext seperti gambar, bagan, dan potret/foto. Grafik juga dapat dibuat bergerak (dianimasi) atau diberikan ilusi gerak. Animasi diciptakan oleh penampilan satu rangkaian gambar yang diurutkan  dengan cepat. Banyak program perangkat lunak saat ini mendukung grafis. Antara lain, kita dapat memasukkan foto pada satu pengolah kata (Ms. Word) atau membuat grafik data pada satu program spreadsheet (Ms. Excel).  Beberapa paket software dirancang secara terperinci untuk membuat dan mengedit grafik. Program paint (yang disediakan oleh Ms. Windows), sebagai contoh, dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik untuk brosur, surat kabar, bahkan untuk membuat halaman web.
·         Audio adalah musik, suara, atau bunyi/suara lainnya.  Gelombang suara, demikian sebagai suara manusia atau musik, adalah analog. Untuk menyimpan bunyi demikian, satu komputer melakukan konversi bunyi dari sinyal analog yang kontinyu ke dalam bentuk format digital. Beberapa alat output memerlukan komputer yang mampu mengonversi format digital kembali ke sinyal analog.
·         Video terdiri dari gambar yang dimainkan kembali pada kecepatan yang muncul dengan gerak penuh. Video sering diambil dengan satu alat input video seperti satu kamera video atau VCR. Sebagian besar sinyal video adalah analog; namun, beberapa alat video untuk merekam gambar video secara digital. Satu video capture mengonversikan sinyal video analog ke dalam bentuk sinyal digital yang dapat dimengerti oleh komputer. Sinyal digital ini kemudian disimpan dalam harddisk komputer.  



1.3      Alat Keluaran (Output Device)


·         Bentuk alat keluaran
Alat keluaran dapat berbentuk:
-       Hard copy device, merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Alat hard copy device yang umum dipergunakan adalah  printer. Jenis-jenis printer meliputi dot matrix,  inkjet printer dan laser. Selain itu juga dikenal  Plotter, alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya menggunakan pen plotter.

-       Soft copy device, merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Contoh soft copy device adalah video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Display), dan speaker.

-       Alat simpanan luar, main memory di dalam alat pemroses merupakan simpanan yang kapasitasnya tidak begitu besar dan umumnya bersifat volatile (volatile : informasi yang dikandungnya akan hilang bila aliran listrik terputus).

Selain itu terdapat juga Direct Access Storage Device (DASD) (merupakan alat penyimpan pengaksesan langsung), contohnya floppy disk, harddisk, dan removable disk.

·         Alat keluaran tampilan
Alat keluaran yang paling popular bagi pemakai adalah layat tampilan (display screen), juga disebut sebagai monitor, cathode ray tube (CRT), atau video display terminal (VDT). Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran komputer dan hampir selalu disertai keyboard.

Sebagian besar layar menggunakan teknologi CRT, tetapi komputer portable menggunakan panel datar (flat panel). Teknologi panel datar terdiri dari liquid crystal display (LCD) atau plasma display yang hanya memerlukan tempat tipis, seperti tutup komputer jinjing. 

Monitor CRT atau monitor adalah satu alat tampilan yang terdiri dari satu layar yang terbuat dari plastik atau logam. Monitor warna mampu menampilkan teks, grafis, dan informasi dari video yang berwarna. Monitor warna banyak dipergunakan secara luas  dan sebagian besar komputer saat ini, perangkat lunaknya dirancang guna menyampaikan informasi dalam monitor warna. Monitor yang hanya menampilkan hanya satu warna disebut monitor “monochrome”, monitor ini juga mampu menayangkan ateks, grafik, dan informasi dalam bentuk video pada satu warna (biasanya putih, abu-abu atau hijau) pada satu latar belakang hitam. 

Gambar 2.7 Monitor CRT dan LCD

Karena  monitor “monochrome” lebih murah apabila dibandingkan dengan monitor warna, beberapa organisasi masih menggunakan monitor “monochrome” untuk aplikasi yang tidak memerlukan warna atau diperinci grafis. Untuk menambahkan kualitas dari tampilan grafisnya, beberapa monitor “monochrome” menggunakan skala abu-abu (gray scaling) hal mana melibatkan banyak bayangan (shades) abu-abu dari putih ke hitam untuk membentuk gambar.  
                                                                             
·         Alat keluaran cetakan
Alat keluaran yang disebut printer menghasilkan output salinan kertas. Ada tiga jenis printer yaitu line printer, contohnya dari impact printer, character printer contohnya dotmatrix dan page printer contohnya desktop printer.

·         Alat keluaran suara
Speech output unit dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan melalui saluran komunikasi. Alat keluaran suara yang lain adalah speaker. Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. 
·         Alat keluaran grafik
Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. Sejumlah pemakai komputer pertamakali adalah para insinyur dan ilmuan yang memerlukan grafik. Alat output khusus yang disebut plotter ditancang untuk memenuhi kebutuhan ini.

·         Microform
Microform nama microfilm diberikan pada semua teknologi seperti itu dengan istilah microfilm untuk film dalam bentuk gulungan dan microfiche untuk film dalan bentuk lembaran. Dengan microform dokumen kertas satu ruangan penuh dapat disimpan dalam sedikit gulungan atau lembaran yang muat dalam laci meja.




Rangkuman
 


1.     Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu input (tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam computer melalui alat input), proses (tahap ini merupakan proses pengolahan data yang telah dimasukkan, yang dilakukan oleh alat pemroses) dan output (tahap ini merupakan hasil pengolahan data ke dalam alat output yang berupa informasi).

2.     Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan, artinya komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Perangkat Output (output device) adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang.

3.     Yang termasuk perangkat output adalah: perangkat tampilan (display device), adalah perangkat output yang menyampaikan informasi teks, grafis dan video secara visual. Jenis-jenis perangkat tampilan adalah monitor dan layar LCD, monitor plasma, dan monitor CRT. Printer, adalah perangkat output yang menghasilkan teks dan grafis pada sebuah media fisik, seperti kertas atau film transparansi. Jenis-jenis printer adalah printer tanpa sentuh (printer ink-jet, printer foto, printer laser, printer termal, mobile printer, plotter dan printer format besar), printer sentuh (printer dot matrix dan printer line). Perangkat output audio (audio output device), meliputi pengeras suara (speakers), headphone, dan earphone, atau earbud.

4.     Tiga jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik : printer, plotter dan monitor. Printer secara umum dibedakan berdasarkan teknologi penulisan:
·         Tinta / Ink --> Inkjet, buble jet
·         Bubuk / Toner --> Laser Jet
·         Impact / Ketukan --> Dot Matrix / menggunakan pita




Kuis Benar Salah
 



1.     Yang termasuk dalam tiga komponen utama CPU adalah Unit pengendali (control unit), ALU (Arithmethic and logic unit) dan Unit penyimpanan primer (primary storage) atau main memory.

2.     Cara pencegahan agar tidak kehilangan isi pada RAM pada saat daya listrik dimatikan adalah dengan jalan menyimpan terlebih dahulu isi dari RAM tersebut ke dalam file atau langsung memindahkannya ke dalam disket agar pada saat listrik menyala isinya tetap ada (memasukkan data terlebih dahulu ke dalam komputer).

3.     Pemakai tidak menyukai output tampilan daripada cetakan karena output tampilan yang populer dengan nama layar tampilan (display screen)/monitor/cathode ray tube (CRT)/video display terminal (VDT) dapat digunakan oleh semua ukuran komputer dan hampir selalu disertai keyboard.



Pilihan Ganda
 




Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!
                                                                        
1.     Alat proses dalam CPU yang berfungsi untuk mengendalikan proses-proses yang dilakukan oleh komputer adalah:
a.     ALU (Arithmatics Logic Unit)
b.     CU (Control Unit)
c.     CPU (Central Processing Unit)
d.     Tidak ada yang benar

2.     Alat output yang dapat menghasilkan grafik adalah:
a.  Printer
b.  Plotter
c.  Layar tampilan
d.  Benar semua

3.     Gambar apakah di bawah ini:

a.     Printer
b.     Plotter
c.     Monitor
d.     Tidak ada yang benar
















Latihan


1.   Jelaskan perkembangan teknologi procesor hingga saaat ini!
2.   Pada monitor jenis monochrom,  memiliki pin sebanyak ……
3.   Pada motherboard terdapat istilah slot dan socket, ini adalah……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar