Selasa, 18 Oktober 2011

FLOWCHART

FLOWCHART
Flowchart adalah gambaran secara grafik yang terdiri dari simbol-simbol dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah dari alur program.

SIMBOL FLOWCHART
Berikut ini merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan diagram alir (flowchart) (Tabel 2.1):
Tabel 2.1. Tabel Simbol Flowchart
SIMBOL
NAMA
FUNGSI
Terminator
Permulaan/akhir program.
Garis Alir (Flow Line)
Arah aliran program.
Preparation
Proses inisialisasi/pemberian harga awal.
Process
Proses perhitungan/proses pengolahan data.
Input/Output Data
Proses input/output data, parameter, informasi.
Predefined Process
(Sub Program)
Permulaan sub program/proses menjalankan sub program.
Decision
Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk proses selanjutnya.
On Page Connector
Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman.
Off Page Connector
Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda.


MACAM-MACAM FLOWCHART
            Ada lima macam bagan alir (flowchart), kelima macam flowchart (http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4536/FLOWCHRT.DOC) itu, antara lain :
  1. Flowchart Sistem (System Flowchart)
Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.
  1. Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. Menggunakan simbol-simbol yang sama dengan bagan alir sistem.
  1. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
Merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Fungsi penggunaan gambar tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang mengerti dengan simbol-simbol bagan alir.
  1. Flowchart Program (Program Flowchart)
Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi.
  1. Flowchart Proses (Process Flowchart)
Merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. Juga dapat menunjukkan jarak kegiatan yang satu dengan yang lainnya serta waktu yang diperlukan oleh suatu kegiatan.

1 komentar: